Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
X-NONE
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
text-align:justify;
line-height:200%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-priority:59;
mso-style-unhide:no;
border:solid black 1.0pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-border-alt:solid black .5pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid black;
mso-border-insideh-themecolor:text1;
mso-border-insidev:.5pt solid black;
mso-border-insidev-themecolor:text1;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
text-align:justify;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Satuan Pendidikan : SDN Klampok 01
Tema : Diriku
Subtema : Tubuhku
Kelas dan Semester : 1/ I
Alokasi Waktu : 1 hari (Pelajaran 1)
I. KOMPETENSI INTI
1. Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2. Memilikiperilakujujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli,danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
II. KOMPETENSI DASAR
|
MATEMATIKA |
3.1 |
Mengenal bilangan asli sampai 99 menggunakan benda-benda yang berada sekitar rumah, sekolah tau temapat bermaian . |
|
PPKn |
4.2 |
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah |
|
SBDP |
4.7 |
Menyanyikan lagu anank-anak dan berlatih memahami isi lagu |
|
PJOK |
3.1 |
Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegnaannya. |
III. INDIKATOR
Matematika
1. Menghintung banyak benda 1-5
2. Menuliskan lambang bilangan 1-5
PPKn
1. Menunjukkan sikap tertib selama pelajaran.
SBDP
1. Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat.
2. Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
PJOK
1. Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan benar.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan gambar tubuh manusia, siswa dapat menyebutkan anggota tubuh dengan benar.
2. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menghitung banyaknya anggota tubuh dengan benar.
3. Siswa dapat menuliskan lambang bilangan dengan benar tentang bagian-bagian anggota tubuh melalui pengamatan.
4. Siswa dapat memasangkan teks nama anggota tubuh pada gambar dengan tepat.
5. Melalui kerja kelompok, siswa dapat menyusun puzlle gambar anggota tubuh sesuai dengan contoh dengan benar
6. Melalui gerak dan lagu ,siswa dapat menyanyikan lagu sesuai dengan irama yang baik.
7. Siswa dapat menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan dengan benar.
8. Siswa dapat menunjukkan contoh sikap tertib selama pelajaran dengan benar.
V. MATERI POKOK
TUBUHKU
1. Mengenal Anggota Tubuhku
2. Bagian-Bagian Tubuh
3. Menghitung Bagian-Bagian Tubuh
4. Menyanyi “ Dua Mata Saya “
5. Contoh Sikap Tertib Selama Pelajaran
VI. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Metode : Tanya jawab, Games, Diskusi, Penugasan,dan Ceramah
VII. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Aokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Mengucapkan salam kepada siswa |
10 menit |
|
2. Menanyakan kabar siswa |
|
|
3. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan |
|
|
4. Mengajak siswa bernyanyi “ dua mata saya” |
|
|
5. Tanya jawab tentang makna syair lagu (anak-anak siapa yang tahu jumlah telinga,kaki ….) |
|
|
6. Menginformasikan tentang tema yang akan di pelajari “ Diriku” 7. Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. |
|
Inti |
1. Menayangkan gambar “tubuh manusia” (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengarkan). |
150 menit |
|
Gambar TUBUH MANUSIA – Gambar laki-laki dan perempuan – Memakai seragam sekolah
|
|
|
2. Bertanya jawab tentang bagian-bagian anggota tubuh (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengarkan, menalar) . |
|
|
– Mendengarkan jawaban siswa tentang bagian-bagian anggota tubuh – Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab – Pemerataan siswa dalam menjawaab (TIDAK DI DOMINASI OLEH SATU SISWA SAJA) – Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban. – Mendorong keberannian siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar tidaknya jawaban
|
|
|
3. Guru menugaskan siswa membaca teks tentang Diriku (membaca dan mendengar) |
|
|
4. Diawali dengan memberi contoh cara membaca dengan lafal dan intonasi yang benar siswa menirukan cara membaca dengan benar |
|
|
5. Menugaskan siswa secara bergantian untuk membaca TEKS |
|
|
– (penilaian proses : memperhatikan cara siswa membaca sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca – Jika ada yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dikoreksi sebelum dilanjutkan kepada siswa lain. |
|
|
6. Bertanya jawab tentang makna bacaan (menalar) |
|
|
7. Mengelompokan siswa berdasarkan teman satu bangku |
|
|
8. Menyanyikan lagu “ Kepala Pundak “ |
|
|
9. Guru membagi gambar tubuh manusia dan puzzle kepada masing-masing kelompok |
|
|
10.Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar, mencatat dan menyusun puzzle tubuh manusia: |
|
|
Gambar anggota tubuh manusia – Diberikan kotak kosong untuk menuliskan nama setiap bagian tubuh . – Menyusun puzzle tubuh manusia . |
|
|
11.Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan) |
|
|
12. Hasil kerja kelompok ditempelkan pada papan pajangan. |
|
|
13. Kunjungan evaluasi hasil kerja kelompok pada papan pajangan yang dilakukan kelompok lain. |
|
|
14. Guru membuat tanggapan dan penilaian terhadap hasil kerja kelompok dan memberikan reward terhadap kelompok terbaik. |
|
|
Penilaian Proses |
|
|
a. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerajakan tugas |
|
|
b. Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, keaktifannya, mendominasi atau tidak dan sebagainya |
|
|
c. Menilai dengan pengamatan perilaku. |
|
|
Gambar-gambar untuk example dan non example |
|
|
Kelompok gambar DIRIKU: |
|
|
– Gambar tubuh manusia – Gambar – gambar bagian tubuh manusia |
|
|
Lagu: |
|
|
– Dua mata saya |
|
|
– Kepala Pundak |
|
Penutup |
1. Bertanya jawab tentang materi yang telah di pelajari |
15 menit |
|
2. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar selama seharianMenginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang |
|
|
3. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan untuk mengakhiri kegiatan. |
|
terima kasih atas atensinya tentang SKP